SILABUS SOSIOLOGI KELAS X
SILABUS SMA / MA
Mata Pelajaran    : Sosiologi (Peminatan Ilmu-ilmu Sosial)
Kelas                      : X
Kompetensi Inti
 KI 1  :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
 KI
2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
 KI
3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
 KI
4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
| 
Kompetensi
  Dasar | 
Materi pokok | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi
  Waktu | 
Sumber
  Belajar | 
| 
1.1 
  Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain |  | ||||
| 
2.1      Mensyukuri keberadaan diri dan keberagaman
  sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa 
   | |||||
| 
2.2   
  Merespon secara
  positif berbagai gejala sosial di lingkungan sekitar | |||||
| 
3.1    
  Mendeskripsikan
  fungsi Sosiologi dalam mengkaji berbagai gejala sosial  yang terjadi di masyarakat  
4.1    Melakukan kajian, diskusi dan menyimpulkan
  fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang terjadi di
  masyarakat | 
1.     Fungsi
  i sosiologi dalam mengenali gejala sosial di masyarakat | 
Mengamati: 
Mengamati  gejala sosial di masyarakat dari berbagai
  sumber sebagai rasa ingin tahu atas kebesaran Tuhan 
Menanya: 
Mendiskusikan fungsi sosiologi dalam
  mengkaji gejala sosial untuk membangun kesadaran dalam hidup bermasyarakat 
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan: 
Mengidentifikasi  gejala sosial berdasarkan dan sesuai bentuk
  dan jenisnya dari hasil pengamatan dan penggalian informasi  berbagai sumber  
Mengasosiasikan: 
Mengaitkan fungsi sosiologi dalam menemukan
  gejala sosial di masyarakat  yang
  diperoleh melalui penggalian informasi dari berbagai sumber 
Merumuskan kesimpulan dari hasil
  pengamatan dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial
  di masyarakat  
Mengkomunikasikan: 
Mempresentasikan hasil  kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan
  dan diskusi mengenai fungsi sosiologi dalam mengkaji gejala sosial di
  masyarakat | 
Tes: 
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman
  siswa  tentang fungsi sosiologi dalam
  mengenali gejala sosial 
Tugas:  
Membuat kesimpulan tentang fungsi
  sosiologi  dengan rumusan kata-kata
  sendiri  dan menyebut sumber-sumber
  bacaan yang digunakan | 
8 Minggu X 3 jp | 
Buku pelajaran, buku refensi yang
  relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,  gambar, diagram, grafik, peta,
  audio-visual, dan liangkungan setempat | 
| 
3.2      
  Menerapkan
  konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu,
  antara individu dan kelompok serta 
  antar kelompok  
4.2    Melakukan kajian, diskusi, dan
  menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial
  antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok   | 
2.    
  Individu, kelompok
  , dan hubungan sosial | 
Mengamati: 
Mengamati berbagai bentuk hubungan
  sosial antar individu dan antar kelompok di dalam masyarakat sebagai rasa
  ingin tahu atas kebesaran Tuhan 
Mengkaji hubungan sosial antar individu
  untuk memahami pembentukan kelompok sosial di masyarakat 
Menanya: 
Mendiskusikan hasil pengamatan dan
  kajian tentang berbagai bentuk hubungan sosial antar individu dan antar
  kelompom serta proses pembentukan kelompok dengan rumusan pertanyaan yang
  sudah dikembangkan  
Mengeksplorasikan: 
Melakukan wawancara kepada individu atau
  kelompok yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar  terkait hubungan sosial antar individu dan
  antar kelompok  
Mengasosiasikan: 
Menganalisis hasil  wawancara mengenai hubungan sosial  antar individu dan antar kelompok dengan menggunakan
  konsep-konsep dasar sosiologi 
Menemukan konsep dasar sosiologi
  berdasarkan hasil pengamatan dan analisis tentang hubungan sosial 
Menyimpulkan hasil temuan mengenai
  konsep dasar sosiologi sebagai dasar untuk memahami hubungan sosial antar
  individu, antara individu dan kelompok 
  serta antar kelompok  
Mengkomunikasikan: 
Memaparkan hasil  pengamatan tentang hubungan sosial dan mendiskusikannya
  untuk mendalami konsep dasar sosiologi | 
Tes: 
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman
  siswa tentang konsep dasar sosiologi, individu, kelompok, dan hubungan sosial 
Tugas:  
Membuat kesimpulan dari hasil kalian
  tentang konsep dasar, individu, kelompok, dan hubungan  sosiali 
  dengan rumusan kata-kata sendiri 
  dan menyebut sumber-sumber bacaan yang digunakan 
Observasi: 
Penilaian tentang perilaku saling
  menghormati, tanggung jawab,disiplin, 
  toleransi, jujur, kerjasama, gotong royong, cinta damai, responsif dan
  pro aktif  serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan
  baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau
  kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan
  dan/atau disepakati bersama.  
Portofolio: 
Menilai proses dan hasil kerja siswa
  berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari
  tahap awal sampai tahap akhir dalam hubungan sosial  
Sikap: 
Menilai tanggapan dan pandangan siswa
  terhadap fenomena hubungan sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen | 
9 Minggu X 3 jp |  | 
| 
3.3      
  Menganalisis
  berbagai gejala sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk
  memahami hubungan sosial di masyarakat 
4.3     
  Melakukan kajian,
  diskusi dan mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai
  gejala sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat  | 
3.     Ragam
  gejala sosial dalam masyarakat | 
Mengamati: 
Mengamati ragam gejala sosial di
  masyarakat sekitar sebagai bentuk rasa ingin tahu atas penciptaan dan
  kebesaran Tuhan tercermin dan terwujud dalam kehidupan sosial 
Menanya: 
Mengajukan berbagai pertanyaan terkait
  hasil pengamatan dan mencermati berbagai gejala sosial dalam memahami
  hubungan sosial di masyarakat 
Mendiskusikan berbagai pertanyaan dengan
  mengaitkan kecenderungan gejala sosial di masyarakat sebagai akibat dari
  hubungan sosial   
Mengeksplorasikan: 
Melakukan survey di masyarakat
  setempat  tentang berbagai gejala sosial
  melalui observasi, wawancara, 
  partisipasi dan kajian dokumen dan pustaka dengan menggunakan panduan
  yang telah dipersiapkan sebelumnya  
Mengasosiasikan: 
Menganalisis data dari hasil survey
  mengenai ragam gejala sosial di  masyarakat dengan mengaitkan konsep dasar
  Sosiologi untuk memahami hubungan sosial dalam  kehidupan kelompok dan masyarakat  
Menentukan sikap dalam mengkritisi berbagai
  gejala sosial dan mengajukan pendapat dan atau jalan keluar atas berbagai
  masalah sosial yang ada sebagai bentuk tanggungjawab sosial dalam kehidupan
  kelompok dan masyarakat 
Mengkomunikasikan: 
Mengkomunikasikan pendapat secara
  individu dan kelompok terkait hasil survey mengenai hubungan sosial dan
  pembentukan kelompok di masyarakat | 
Tes: 
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman
  siswa terhadap  fungsi sosiologi dalam
  mengenali gejala sosial 
Tugas:  
Membuat kesimpulan tentang fungsi
  sosiologi  dengan rumusan kata-kata
  sendiri  dan menyebut sumber-sumber
  bacaan yang digunakan 
Proyek: 
Merencanakan, melakukan, dan membuat
  laporan serta mempresentasikan hasil survey tentang keragaman kelompok sosial
  di masyarakat 
Sikap: 
Menilai tanggapan dan pandangan siswa
  terhadap adanya keragaman sosial di masyarakat melalui berbagai instrumen | 
9 Minggu X 3 jp |  | 
| 
3. 4   Menerapkan metode-metode  penelitian sosial untuk memahami berbagai
  gejala sosial 
4.4   Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian
  sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan
  audio-visual  | 
4.  
  Metode Penelitian
  Sosial  | 
Mengamati: 
Melakukan kajian pustaka tentang  metode-metode penelitian sosial sebagai
  persiapan untuk merancang penelitian sederhana mengenai berbagia gejala
  sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat 
Menanya: 
Merumuskan pertanyaan terkait metode
  penelitian sosial yang akan digunakan dalam penelitian sederhana mengenai berbagai
  gejala sosial di masyarakat 
Mengeksplorasikan: 
Menyusun rancangan penelitian
  sederhana  tentang berbagai gejala
  sosial  terkait dengan hubungan sosial
  dan pembentukan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah penelitian, yaitu
  penetapan  topik, latar belakang,
  permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen penelitian (pedoman wawancara dan
  pedoman observasi). 
Melakukan penelitian sederhana dengan
  menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen atau kajian pustaka
  tentang ragam gejala sosial dalam masyarakat  
Mengasosiasikan: 
Mengolah data, menganalisis dan
  menyimpulkan  hasil penelitian   
Menyusun laporan hasil penelitian dengan
  mengikuti sistimatika penulisan ilmiah 
Mengkomunikasikan: 
Menyajikan hasil  laporan dalam  berbagai bentuk, seperti tulisan/artikel,
  foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik
  dan mudah dibaca.  | 
Tes: 
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman
  siswa terhadap  metode penelitian sosial 
Portofolio: 
Menilai proses dan hasil kerja siswa
  berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari
  tahap awal sampai tahap akhir dalam menunjukkan  sikap ilmiah  
Proyek: 
Merencanakan, melakukan, dan membuat
  laporan serta mempresentasikan hasil penelitian sosial sederhana tentang
  keragaman kelompok sosial di masyarakat 
Sikap: 
Menilai tanggapan dan pandangan siswa
  terhadap pentingnya penelitian sosial dalam masyarakat melalui berbagai
  instrumen | 
9 Minggu  X 3 jp |  | 
 
 

0 komentar:
Posting Komentar